Pasar Murah Pemkab Pasuruan: Melawan Kenaikan Harga dan Meningkatkan Daya Beli Masyarakat

Surabaya214 Dilihat

Pasuruan, Selasa – Dikutip dari berita Antara Jatim. Penjabat Bupati Pasuruan, Andriyanto, menyatakan keberhasilan kegiatan pasar murah yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan. Dalam upaya menanggulangi kenaikan harga dan meningkatkan perekonomian masyarakat, pasar murah telah diadakan di Lapangan Kecamatan Lekok, Pasuruan.

Menurut Andriyanto, masyarakat merespon positif kegiatan pasar murah ini karena dapat membantu dalam menjaga stabilitas ekonomi mereka. “Bisa dilihat harga minyak goreng relatif murah, satu liter hanya Rp13 ribu. Begitu juga dengan gula, telur, dan beras. Rata-rata selisihnya sekitar Rp3 ribu dengan harga di pasaran saat ini,” ujarnya.

Dengan adanya kegiatan pasar murah, Penjabat Bupati optimistis bahwa inflasi di daerah dapat dikendalikan. Ia juga menambahkan bahwa masyarakat dapat dengan mudah mengakses bahan pokok dengan harga yang lebih terjangkau, sehingga tercipta perputaran uang di lokasi pasar murah.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Pasuruan, Diana Lukita Rahayu, menjelaskan bahwa antusiasme masyarakat terlihat dari antrean panjang untuk mendapatkan beras, gula, minyak goreng, dan sembako lainnya dengan harga lebih murah dibandingkan harga pasaran.

“Pasar murah kali ini menyediakan 10 ton beras, 1.200 liter minyak goreng, 200 kilogram telur ayam broiler, dan 250 kilogram gula,” tambahnya.

Diana Lukita Rahayu menegaskan bahwa pasar murah tidak hanya menyediakan kebutuhan pokok, tetapi juga menampilkan produk-produk dari Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Kabupaten Pasuruan. Hal ini sebagai bagian dari upaya Pemkab Pasuruan untuk merespons kenaikan inflasi dan membantu warga kurang mampu agar dapat memperoleh sembako dengan harga yang lebih terjangkau.

“Tujuan dari kegiatan pasar murah ini tak lain adalah untuk merespons situasi perekonomian daerah yang inflasinya terus naik serta membantu warga kurang mampu agar dapat membeli sembako dengan harga yang lebih terjangkau. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan bagian dari strategi meningkatkan daya beli masyarakat dan pemberdayaan ekonomi lokal,” pungkasnya.

Baca Juga:   Pemprov Jatim Beri Hadiah Umrah ke 15 Wajib Pajak Patuh sebagai Wujud Apresiasi atas Kepatuhan Membayar Pajak Kendaraan

Dengan adanya pasar murah ini, Pemkab Pasuruan berharap dapat memberikan dampak positif dalam menjaga stabilitas ekonomi dan memberikan bantuan nyata kepada masyarakat yang membutuhkan.***

Komentar