Mahasiswa Berkontribusi dalam Mendorong Bisnis Lokal Indonesia ke Era Digital

Surabaya190 Dilihat

Enam mahasiswa jurusan Informatika dari Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur telah berhasil melibatkan diri dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan kegiatan penyuluhan dan digitalisasi bisnis pada suatu perusahaan lokal yang berlokasi di Kota Surabaya. Tepatnya, pada PT. Sejahtera Abadi Wanaindo. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya mahasiswa untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bisnis lokal di tengah era digital.

Dalam pelaksanaan KKN ini, mahasiswa telah berfokus untuk memberikan penyuluhan kepada pemilik usaha lokal mengenai manfaat dan implementasi teknologi digital dalam kegiatan bisnis mereka. Mahasiswa juga aktif membantu perusahaan lokal tersebut untuk memahami dan memanfaatkan platform digital guna meningkatkan efisiensi operasional dan mengenalkan produk atau jasa mereka kepada pasar yang lebih luas.

Beberapa langkah yang diambil mahasiswa antara lain adalah pembuatan website untuk Perusahaan, penyusunan strategi digital, pembuatan konten pemasaran online, serta pelatihan bagi pemilik usaha dan karyawan terkait penggunaan platform digital. Selain itu, mahasiswa juga terlibat langsung dalam merancang dan mengimplementasikan solusi teknologi sesuai dengan kebutuhan unik Perusahaan tersebut. Langkah-langkah ini diharapkan dapat membantu perusahaan memasarkan produk dan jasa mereka secara lebih efektif.

Melalui kolaborasi ini, tidak hanya bisnis lokal yang mendapatkan manfaat, tetapi juga mahasiswa KKN yang memperoleh pengalaman berharga dalam mengaplikasikan pengetahuan akademis mereka dalam konteks dunia nyata. Semangat inovatif dan kontribusi nyata mahasiswa diharapkan dapat menjadi pendorong kemajuan sektor bisnis lokal di Indonesia. Sehingga bisnis bisnis lokal tetap bisa bersaing dan berkembang dengan baik pada era digital ini.

Kegiatan KKN ini merupakan bentuk komitmen mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur untuk berperan aktif dalam mendukung pertumbuhan ekonomi lokal sambil mempromosikan pemanfaatan teknologi digital sebagai alat untuk meningkatkan daya saing perusahaan-perusahaan di era digital ini. Seiring dengan perkembangan teknologi, mahasiswa percaya bahwa digitalisasi dapat menjadi kunci kesuksesan bagi bisnis lokal, khususnya untuk PT. Sejahtera Abadi Wanaindo.

Baca Juga:   Menyatu dengan Budaya dan Destinasi Wisata Kota Pahlawan, Surabaya Cross Culture International Folk Art Festival (SCCIFAF) 2023 Digelar

Ketua KKN kelompok 21 mengatakan, “Dari kegiatan KKN ini, kami ingin mencoba memberikan dampak positif kepada mitra khususnya sebagai perusahaan lokal yang sedang mencoba mengembangkan bisnisnya, serta jika digitalisasi bisnis terimplementasikan dengain baik nantinya maka mitra bisa membuka lapangan kerja untuk masyrakat lokal bagi pabrik maupun kantor pemasarannya.”

Mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur berharap bahwa kolaborasi ini tidak hanya memberikan manfaat nyata bagi PT. Sejahtera Abadi Wanaindo, tetapi juga menjadi inspirasi bagi perusahaan- perusahaan lokal lainnya untuk mengadopsi solusi digital dalam menjawab tantangan bisnis di era modern ini.

Kegiatan KKN ini dilakukan oleh mahasiswa UPN JATIM “VETERAN” dengan kontak (https://www.upnjatim.ac.id/) serta diselenggarakan oleh LPPM UPNVJATIM (https://lppm.upnjatim.ac.id/)***

Komentar