Bubur Suro Jawa Timur, Warisan Budaya Lezat dari Timur Indonesia

Bisnis245 Dilihat

SURABAYA- Indonesia, sebagai negeri dengan ragam budaya dan kuliner yang kaya, tak pernah berhenti menghadirkan kejutan kuliner yang menggugah selera. Kali ini, kami mengajak Anda menyelami cita rasa unik dari Timur Indonesia dengan Bubur Suro Jawa Timur. Hidangan ini, yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari tradisi malam tahun baru Islam, berhasil merebut hati para pecinta kuliner dan penggemar masak-memasak.

Bubur Suro: Sejarah dan Makna Khusus

Bubur Suro, sebuah hidangan istimewa dari Jawa Timur, menyimpan sejarah panjang yang membawa makna khusus bagi masyarakat setempat. “Suro” dalam bahasa Jawa merujuk pada bulan Muharram dalam penanggalan Hijriyah. Oleh karena itu, Bubur Suro Jawa Timur identik dengan hidangan yang disantap pada malam pertama tahun baru Islam.

Lebih dari sekadar makanan, Bubur Suro memiliki makna spiritual dan nilai budaya yang tinggi bagi masyarakat Jawa Timur. Dalam tradisi turun-temurun, hidangan ini diyakini membawa berkah dan perlindungan bagi keluarga yang menyantapnya pada malam pergantian tahun baru Islam. Hal ini mencerminkan rasa syukur dan penghormatan terhadap leluhur serta warisan budaya yang harus tetap dijaga dan dilestarikan.

Cita Rasa yang Menggoda Lidah

Bubur Suro Jawa Timur dikenal karena cita rasanya yang kaya akan rempah-rempah dan kelezatan yang sulit dilupakan. Hidangan ini terbuat dari beras putih berkualitas tinggi yang dimasak dengan takaran air yang tepat, sehingga menghasilkan tekstur bubur yang lembut dan kental.

Proses memasak bubur juga menjadi kunci untuk menghadirkan cita rasa yang autentik. Rempah-rempah seperti daun salam, lengkuas, serai, dan pala memberikan aroma dan rasa khas yang menggoda selera. Penggunaan bumbu-bumbu segar ini membantu menciptakan perpaduan rasa gurih yang begitu nikmat.

Baca Juga:   Sensasi Sarapan Sambil Berinteraksi dengan Jerapah di Baobab Safari Resort

Resep Bubur Suro Jawa Timur

Berikut adalah resep sederhana untuk mencoba membuat Bubur Suro Jawa Timur di rumah:

Bahan-bahan:

1 ½ cup beras putih berkualitas tinggi
6 gelas air
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
2 batang serai, memarkan
1/2 sendok teh pala bubuk
Garam secukupnya
Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat:

  1. Cuci beras hingga bersih, lalu tiriskan.
  2. Panaskan minyak goreng dalam panci, masukkan daun salam, lengkuas, dan serai. Tumis hingga harum.
  3. Tambahkan beras ke dalam panci, aduk rata dengan bumbu tumis.
  4. Tuangkan air ke dalam panci, aduk rata, dan masak hingga mendidih.
  5. Setelah mendidih, kecilkan api dan biarkan bubur mendidih perlahan sambil sesekali diaduk.
  6. Masak hingga bubur mencapai tekstur yang kental dan lembut. Tambahkan air secukupnya jika terlalu kental.
  7. Setelah bubur matang, tambahkan garam dan pala bubuk. Aduk rata.
  8. Bubur Suro Jawa Timur siap disajikan. Hidangkan dengan topping suwiran daging ayam, telur pindang, daun bawang, dan bawang goreng.

Bubur Suro Jawa Timur bukan sekadar makanan lezat, tetapi juga merupakan bagian dari identitas budaya yang harus dijaga dan diperkenalkan kepada generasi mendatang. Bagi para pecinta kuliner dan penggemar masak-memasak, mencoba meracik Bubur Suro di dapur Anda sendiri adalah langkah yang tepat untuk merasakan kenikmatan cita rasa tradisi Timur Indonesia.***

Komentar