Warga Jombang Mengolah Biji Kurma menjadi Serbuk Minuman Berkhasiat

Berita, Jombang250 Dilihat

JOMBANG- Di balik pesona alam yang memesona di Jombang, terdapat sebuah kisah menarik tentang seorang warga, Muhamad Nuhin (56) dari Desa Ngrandulor, Kabupaten Jombang, yang berhasil mengolah biji kurma menjadi serbuk minuman bermanfaat bagi kesehatan. Pengalaman uniknya ini segera menyebar, menarik minat banyak orang karena manfaat kesehatan yang ditawarkannya.

Semangat awal Nuhin dalam mengolah biji kurma ini bermula dari permintaan seorang teman untuk dibuatkan kopi biji kurma. Rasa suka dan kecintaannya terhadap kopi biji kurma membawa Nuhin untuk berbagi minuman tersebut dengan lebih banyak orang. Kreativitas dan rasa ingin tahu Nuhin membawanya mencoba mengolah biji kurma dengan metode sangrai, yang ternyata mendapatkan antusiasme luar biasa dari rekan-rekannya.

Dilansir dari Antara (20/07/2023) “Awalnya hanya karena permintaan teman, tapi lama kelamaan banyak yang suka, jadi saya mulai menyebarkannya,” ujarnya sambil tersenyum pada hari Rabu yang cerah di Jombang.

Metode pengolahan biji kurma ini mirip dengan metode pengolahan biji kopi. Setelah biji kurma dikeringkan dengan sempurna, Nuhin mengangkatnya dan mengangin-anginkannya sebentar untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Hasil akhirnya adalah serbuk biji kurma yang menarik, siap untuk dinikmati dan memberikan manfaat luar biasa bagi kesehatan.

Nuhin berbagi pengetahuannya tentang manfaat luar biasa dari minuman serbuk biji kurma ini. Ia mengungkapkan bahwa dengan menambahkan rempah jahe dan kapulaga, serbuk minuman biji kurma ini memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari mengonsumsi minuman biji kurma ini adalah:

  • Menyembuhkan Batu Ginjal: Khasiat dari biji kurma dapat membantu meredakan masalah batu ginjal, membantu mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh kondisi tersebut.
  • Menjaga Kesehatan Jantung: Kandungan alami biji kurma dapat mendukung kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.
  • Melancarkan Sistem Pencernaan: Serbuk minuman biji kurma dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dan mengatasi masalah seperti sembelit.
  • Mencegah Osteoporosis: Biji kurma mengandung nutrisi penting yang dapat membantu memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis.
  • Mengatasi Kolesterol: Kombinasi biji kurma, jahe, dan kapulaga membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.
Baca Juga:   Tari Kolosal Glipang Meriahkan Hari Anak Nasional di Probolinggo

Khasiat biji kurma yang ditemukan oleh Nuhin ini menjadi daya tarik bagi banyak orang yang mencari alternatif alami untuk meningkatkan kesehatan mereka. Banyak yang mengakui bahwa minuman biji kurma ini membawa manfaat kesehatan yang tak terduga dan membantu mereka merasa lebih segar dan bugar dalam menjalani rutinitas sehari-hari.

“Khasiatnya banyak, bisa mengatasi kolesterol, asam urat,” tambah Nuhin dengan penuh semangat.

Dengan semakin populernya minuman serbuk biji kurma yang luar biasa ini, Nuhin berharap dapat terus berbagi manfaat kesehatan dengan lebih banyak orang lagi. Pesan beliau untuk masyarakat adalah untuk tetap menjaga gaya hidup sehat dengan memanfaatkan keajaiban alam secara bijaksana, termasuk dalam mengonsumsi biji kurma.***

Komentar