Tari Kolosal Glipang Meriahkan Hari Anak Nasional di Probolinggo

Berita, Probolinggo345 Dilihat

PROBOLINGGO – Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) dan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-73 IGTKI-PGRI di Alun-Alun Kota Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, semakin meriah dengan penampilan luar biasa dari Tari Kolosal Glipang dan Tari Rerere. Acara yang berlangsung pada Minggu (23/7) tersebut menjadi wujud nyata kepedulian dalam melestarikan seni budaya leluhur yang berharga.

Dalam keterangan tertulis yang diterima di Probolinggo pada hari Senin, Wakil Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjoko, menyatakan apresiasi tinggi terhadap penampilan memukau dari Tari Kolosal Glipang dan Rerere. “Tari kolosal Glipang dan Rerere merupakan wujud nyata kepedulian untuk melestarikan seni budaya leluhur. Semoga dapat diteruskan di sekolah dan lingkungan sekitarnya,” kata Wakil Bupati Timbul Prihanjoko dilansir Antara (24/07/2023).

Penampilan tari kolosal tersebut berhasil menyita perhatian dan emosi penonton. Bahkan, Wakil Bupati mengungkapkan bahwa dirinya sampai menitikkan air mata terkesima oleh bagus dan kompaknya penampilan tarian kolosal itu. Kesenian yang dipertontonkan oleh guru-guru TK dan PAUD se-Kabupaten Probolinggo ini diharapkan dapat menjadi potensi daya tarik wisata dan ikon bagi Kabupaten Probolinggo di masa depan.

Dalam suasana yang penuh semangat, penari-penari tari kolosal Glipang dan Rerere mempersembahkan atraksi yang memukau dan mempesona. Tarian ini juga menjadi bentuk dedikasi dalam melestarikan warisan budaya nenek moyang mereka, sehingga generasi mendatang juga dapat menikmati dan menghargai kekayaan seni tradisional yang berharga ini.

Para penonton yang menyaksikan tari kolosal ini juga memberikan antusiasme yang luar biasa. Beberapa di antara mereka berharap agar acara semacam ini dapat diadakan secara rutin untuk mempromosikan seni dan budaya lokal, serta memberikan apresiasi yang lebih kepada para seniman dan budayawan di wilayah Probolinggo.

Baca Juga:   Evakuasi Penemuan Granat Nanas di Situbondo

Menjadi bagian dari peringatan Hari Anak Nasional dan HUT IGTKI-PGRI, Tari Kolosal Glipang dan Rerere telah berhasil menarik perhatian masyarakat Probolinggo dan menjadi perbincangan hangat di berbagai kalangan. Semoga semangat pelestarian seni budaya ini terus berkembang dan mampu menginspirasi generasi muda untuk mencintai dan mempertahankan kearifan lokal demi masa depan budaya yang lebih gemilang.***

Komentar